Maksimalkan Subscription Business Model untuk Bisnis Anda

subscription ainee

Bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis atau bahkan yang baru memiliki bisnis sekalipun, mungkin istilah subscription masih terdengar asing di telinga. Meski terdengar asing, ternyata tren menggunakan subscriptions tengah marak bagi mereka yang sudah handal dalam dunia bisnis.

Tercatat telah terjadi pertumbuhan hingga 100% dalam beberapa tahun belakangan menggunakan subscription form. Penasaran, kan? Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai perkembangan subscription Indonesia dan apa itu subscription di sini!

Apa Itu Subscription Business Model?

Sebelumnya sudah dijelaskan mungkin istilah subscription dalam bisnis jarang terdengar oleh orang yang baru terjun ke dalam dunia bisnis. Namun, banyak sekali marketer yang menggunakan strategi subscription dalam bisnis mereka. Tapi, sebenarnya apa itu subscription business model?

Subscription adalah sebuah model bisnis yang diharapkan pelanggan untuk membayar biaya berulang agar bisa mendapatkan akses ke produk atau layanan tertentu secara berkelanjutan.

Awalnya, model bisnis ini dimulai sebagai cara majalah dan surat kabar untuk menarik pembaca setelah mereka beralih ke media digital. Berlandaskan alasan tersebut, kini subscription telah berkembang menjadi pendekatan yang lebih strategis. Tujuannya untuk mengelola pendapatan, pertumbuhan, dan brand loyalty untuk semua jenis bisnis di berbagai bidang.

Lebih lanjut, arti subscription secara singkat memberikan penawaran produk atau layanan dalam periode tertentu kepada konsumen. Namun, konsumen terlebih dahulu membayar tagihan total selama jangka waktu tersebut agar dapat menikmati produk atau layanan yang mereka gunakan. Sederhananya, subscription fee adalah program berlangganan produk atau layanan sebuah brand, tetapi harus membayar dahulu untuk menikmati hal tersebut.

Selain itu, subscription juga memudahkan sebuah bisnis untuk mendapatkan untung dari customer relationship antara sebuah bisnis dengan pelanggan. Alasannya, selama konsumen bisa melihat value yang diberikan oleh sebuah bisnis, maka mereka akan terus berlangganan dan membayar.

Fokus Utama Subscription Business Model

Berbeda dengan model bisnis lainnya, subscription memiliki fokus utama yang berbeda juga. Banyak aspek yang menjadi fokus utama subscription dan dianggap sebagai dasar pemikiran yang membuat model bisnis ini banyak untung.

Menurut Cratejoy, ada beberapa fokus utama subscription model. Berikut beberapa fokus utama subscription model yang perlu Anda ketahui.

Nilai (Value)

Metode berlangganan secara substansial dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan. Oleh karena itu, dalam subscription business model, perusahaan dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang melampaui sekali transaksi. Hasilnya, hubungan dan komunikasi yang berkelanjutan ini dapat mendorong pelanggan untuk terus menikmati produk atau layanan perusahaan.

Prediktabilitas (Predictability)

Secara natural model bisnis subscription dapat memperlancar alur permintaan dari konsumen. Sehingga, perusahaan dapat menjalankan operasi dengan lebih efektif. Setiap bulannya, perusahaan bisa mengetahui berapa banyak pelanggan yang mereka miliki. Bahkan, mereka juga dapat memprediksi berapa banyak pendapatan yang akan diperoleh setiap bulannya.

Hubungan Pelanggan (Customer Relationship)

Model bisnis subscription memiliki keistimewaan tersendiri. Terlebih, subscription dapat memberikan pemilik bisnis lebih banyak kesempatan untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Berbeda dengan bisnis retail, pengguna model bisnis subscription dapat melihat bagaimana tanggapan pelanggan terhadap produk atau layanan yang mereka dapatkan berupa feedback.

Hal tersebut memberikan kesempatan bagi pemilik bisnis untuk melihat kekurangan dan kelebihan produk atau layanannya. Sehingga, dengan melakukan subscription dapat mengubah dan memperbaiki sebuah bisnis dalam memastikan kebutuhan customer.

Alasan Mengapa Setiap Bisnis akan Beralih ke Model Subscription

Salah satu pebisnis terkenal yang juga merupakan pendiri Zuora, Tien Tzuo memaparkan bahwa model bisnis subscription akan semakin banyak diminati di masa depan. Menurutnya, menerapkan subscription sangat penting menggunakan subscription. Tujuannya untuk menyesuaikan produk dan layanan suatu perusahaan dengan subscription economy. Berikut alasan mengapa setiap bisnis akan beralih ke model subscription.

Sulitnya Mengubah Mindset Pengusaha dan Marketer

Saat ini semakin jarang orang yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk membeli barang. Melalui layanan subscription atau berlanggan yang sistemnya mirip dengan sewa, maka orang-orang akan cenderung memilih subscription tersebut. 

Contoh bisnis subscription yang sederhana, seperti Netflix. Tanpa harus membeli DVD original yang harganya mahal, maka orang-orang bisa melakukan subscribe, lalu membayar biaya subscription untuk menonton film dengan cara streaming. Pilihan filmnya juga tidak terbatas. Tentu saja hal tersebut lebih menguntungkan bagi konsumen, bukan?

Tantangan dalam Hal Biaya dengan Pendapatan

Model bisnis subscription tidak menjual produk dan layanan dalam sekali penjualan. Namun, subscription menerapkan sistem seperti sewa tanpa penjualan. Ini berarti biaya subscription untuk customer jauh lebih murah daripada penjualan. Sederhananya, sewa mobil tentu lebih murah daripada beli mobil.

Hal tersebut dapat membuat perusahaan menghitung keuntungan yang didapat dari subscription. Apalagi, jika hal tersebut pertama kali mereka mencoba menerapkannya. Besar kemungkinan yang diraih itu sangat minim, apalagi jika belum ada yang banyak subscriber. Jadi, bukan tidak mungkin juga bisnis akan mengalami kerugian. Singkatnya, subscription juga beresiko dan bisa dijadikan sebagai kekurangan model bisnis subscription. 

Perubahan Sudut Pandang Masyarakat Akan Kepemilikan Barang

Model bisnis subscription membuat konsumen merubah pola gaya hidup. Melalui subscription, mereka hanya cukup untuk membayar harga yang lebih murah untuk bisa menikmati akses layanan dan produk yang dibutuhkan.

5 Tips Subscription Program

Subscription memang memudahkan pebisnis untuk mendapatkan keuntungan dari customer relationship antara pebisnis dengan konsumen. Alasannya, karena customer bisa melihat value yang diberikan. Untuk menerapkan strategi subscription yang efektif juga harus menerapkan 5 tips berikut ini.

Menentukan Tujuan Bisnis Sejak Awal

Jika ingin menerapkan subscription terlebih dahulu menentukan tujuan bisnis. Hal tersebut dapat membantu memudahkan pebisnis untuk menentukan strategi pricing yang tepat. Saat revenue jangka panjang yang bergantung pada pemasukan bulanan atau tahunan dari subscription, maka sangat penting untuk memikirkan strategi jangka panjang. Selain itu, juga dapat membantu menciptakan buyer persona dan strategi pricing.

Mengoptimalkan Acquisition

Semakin banyak customer, maka semakin besar revenue yang akan didapatkan. Itulah mengapa pebisnis harus membuat proses sign up atau pendaftaran untuk subscription. Buatlah prosesnya semudah mungkin sehingga banyak konsumen baru tertarik untuk bergabung.

Customer experience yang memuaskan dapat mendatangkan customer baru lebih cepat. Apalagi, jika ada customer yang menikmati pengalaman baik, mereka akan senang hati membayar sebuah produk. Dengan tingginya angka acquisition Anda, maka bisnis Anda juga bisa lebih mudah mengurangi persentase jumlah churn atau orang yang bergabung atau keluar dari keanggotan dalam jangka waktu tertentu.

Mempercepat Proses Tagihan

Jangan sampai kehilangan revenue karena sistem billing subscription yang buruk. Hal ini juga menjadi faktor penting bagi pebisnis untuk bisa memberikan product experience yang baik kepada customer. Buatlah sistem tagihan yang sederhana, mudah dipahami dan juga melalui proses yang cepat. 

Jadi, customer tidak akan berlama-lama melalui proses penagihan karena sistem billing yang terlalu rumit. Jika proses pembayarannya cepat, customer juga akan rajin membayar.

Membangun Customer Relationship yang Kuat

Konsumen yang tidak puas dengan layanan sebuah bisnis, maka mereka akan membatalkan subscription mereka. Sehingga, pebisnis harus bisa mengarahkan fokus utama kepada customer retention dalam mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan lama. 

Buat Rencana Pengembangan Subscription Sejak Dini

Model bisnis subscription yang baik dapat membantu bisnis berkembang. Terlebih, subscription dapat membuat arus pendapatan semakin lancar, mengurangi angka churn, atau kehilangan pelanggan yang loyal. Subscription menjadi strategi marketing terbaik untuk bisnis Anda agar bisa menikmati keuntungan tersebut.

Menjalankan strategi subscription yang tepat bisa memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis.

Maksimalkan Subscription dengan Bantuan Ainee

Menggunakan subscription yang jarang terdengar oleh pebisnis lain memang bisa mendatangkan keuntungan. Apalagi subscription mampu memberikan dampak positif terhadap sebuah bisnis. Tapi, bagaimana cara memaksimalkannya, ya?

Tentu saja Anda bisa menggunakan bantuan dari Ainee. Dengan memanfaatkan Ainee secara gratis, Anda bisa mendapatkan bantuan untuk mengolah data untuk dijadikan strategi database subscription. Keren banget, kan? Yuk, segera daftarkan bisnis Anda dengan Ainee! Pastinya Ainee menyediakan sistem manajemen pelanggan (CRM) hingga sistem subscription untuk pelanggan yang bisa meningkat!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application