4 Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi, Bisa Pakai Google!

scan qr code tanpa aplikasi ainee

Anda tentu sudah sering melihat bagaimana QR Code mulai ditemui di mana-mana semenjak era pandemi COVID-19 yang menghendaki adanya contactless transaction. Hal ini membuat QR Code kian populer lagi keberadaannya. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui tentang QR Code, terutama bagaimana cara scan QR Code tanpa aplikasi di ponsel Anda.

Mengapa tanpa aplikasi? Hal ini tentu saja membawa kemudahan bagi Anda yang mungkin tidak memiliki waktu untuk mengunduh dan menginstall aplikasi pemindai QR Code terlebih dahulu, atau tidak memiliki kapasitas penyimpanan ponsel yang mumpuni.

Jadi, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara scan qr code online, scan barcode online tanpa aplikasi, scan qr code google chrome, cara scan barcode di hp samsung, hingga cara scan barcode produk, pastikan untuk simak artikel ini sampai habis, ya!

Apa yang Dimaksud dengan QR Code?

QR Code sederhananya merupakan media penyimpanan informasi, serta sebagai sebuah evolusi dari barcode yang selama ini Anda kenal. Bagi Anda yang mungkin tidak menyadari, barcode merupakan kumpulan garis-garis vertikal yang berjajar serta memiliki ketebalan beda-beda, Anda akan sering menemukan barcode pada produk penjualan.

QR Code memiliki bentuk dua dimensi, tidak seperti barcode yang hanya memiliki garis satu dimensi. Tidak hanya itu, kapasitas penyimpanan konten atau informasi yang dimiliki oleh QR Code juga jauh lebih besar. Jadi tidaklah heran apabila QR Code menjadi pilihan yang lebih utama saat ini.

Bentuk dari QR Code pun sangat mudah dikenali. Dengan ciri khasnya yang berbentuk titik-titik serta kotak-kotak yang secara random tersebar di sebuah area berbentuk persegi. Pada intinya, QR Code tidak lain adalah penyedia informasi yang dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui pemindaian, yang caranya akan dibahas sebentar lagi.

Kegunaan QR Code untuk Bisnis

Pada awal kemunculannya QR Code banyak digunakan pada industri manufaktur, khususnya untuk pelacakan kendaraan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan QR Code mulai meluas, hingga kini merambah pada bisnis atau bahkan kegiatan sehari-hari.

Sekarang mungkin Anda bertanya-tanya tentang apa sebenarnya kegunaan QR Code untuk bisnis. Apa untungnya bagi mereka untuk menyimpan berbagai informasi di QR Code dan kemudian menyebarluaskannya?

Jawabannya cukup sederhana, Anda hanya perlu mengingat bagaimana tujuan utama dari dibuatnya sebuah QR Code dalam konteks bisnis, yakni untuk memberikan berbagai informasi penting dari bisnis Anda yang dibutuhkan oleh para pelanggan dengan media yang lebih sederhana.

Pada ujungnya, kemudahan tersebut akan berakhir pada beberapa manfaat QR Code untuk bisnis, seperti sebagai berikut:

  1. Memudahkan transaksi jual beli. Hal ini tidak perlu ditanyakan lagi, jika Anda sebuah pemilik bisnis restoran atau cafe yang menjalankan sistem scan dan order melalui QR Code, tentunya Anda akan menghemat waktu dalam proses tersebut dengan tiadanya antrean dan komunikasi tertentu.
  1. Mempermudah akses informasi. Para pelanggan Anda akan sangat cepat dalam mengakses informasi-informasi bisnis yang ingin Anda berikan. Misalnya, sebuah kampanye diskon hari raya, kontak, URL website, atau bahkan menu digital jika Anda menjalankan sebuah restoran.
  1. Menghemat biaya promosi. Secara konvensional, jika bisnis Anda ingin menyebarkan berbagai macam informasi seputar promosi, tentunya akan ada biaya yang tidak sedikit untuk percetakan poster ataupun pamflet. Dengan QR Code, tidak akan ada lagi masalah dalam hal tersebut.

Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi

Sekarang, mari masuk ke dalam inti bahasan dalam artikel ini, yakni bagaimana cara scan barcode tanpa aplikasi. Terdapat empat cara utama dalam hal ini, menggunakan scan QR Google Lens, Google Assistant, website, hingga aplikasi bawaan.

Cara Scan QR Code di HP Android Menggunakan Google Lens

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Google Lens, yakni salah satu fitur dari ekosistem Google yang ada di perangkat Anda. Berikut panduannya:

  1. Buka browser “Google Chromo” pada perangkat Android Anda.
  2. Buka laman Google.
  3. Lalu klik ikon kamera yang terdapat pada halaman tersebut, itu akan membawa Anda menuju Google Lens.
  4. Kamera akan terbuka secara otomatis, arahkan ke QR Code yang ingin anda pindai.
  5. Tunggu sesaat, dan informasi yang Anda butuhkan akan ditampilkan.

Menggunakan Layanan Google Assistant

Cara scan QR Code di Android tanpa aplikasi yang juga dapat Anda lakukan adalah dengan Google Assistant. Jika perangkat Anda memiliki sistem operasi Android, maka hal ini dapat menjadi alternatif utama. Berikut panduannya:

  1. Buka Google Assistant dengan mengklik tombol home selama beberapa saat, atau bisa juga dengan mencari aplikasi bernama “Google” di perangkat Anda.
  2. Setelah muncul, klik pada bagian Google Lens (berlogo seperti kamera) dan klik “Allow” jika diminta persetujuan.
  3. Selanjutnya, kamera akan otomatis terbuka secara otomatis.
  4. Arahkan kamera ke QR Code yang hendak dipindai, dan tunggu sesaat.
  5. Selesai, informasi yang tersimpan di dalam QR Code tersebut akan terlihat oleh Anda.

Scan Barcode Menggunakan Website

Cara scan barcode di hp selanjutnya yang cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan mengandalkan website-website penyedia layanan scan QR Code. Cara ini cukup praktis mengingat Anda tidak harus mendownload aplikasi khusus.

Perlu diingat sebelumnya bahwa Anda perlu memiliki koneksi internet yang stabil untuk membuka website tersebut serta melakukan proses scanning, berikut panduannya:

  1. Buka browser yang ada di ponsel Anda dan ketikkan “Web QR” pada kolom pencarian.
  2. Pilih salah satu website yang disuguhkan oleh Google.
  3. Secara otomatis, website tersebut akan meminta izin untuk membuka kamera dari perangkat Anda.
  4. Arahkan kamera Anda ke QR Code yang hendak dipindai, dan tunggu sebentar.
  5. Selesai, informasi yang disimpan oleh QR Code tersebut akan segera terlihat oleh Anda.

Menggunakan Fitur Scan Bawaan Perangkat

Metode untuk scan barcode tanpa aplikasi yang terakhir merupakan yang paling mudah di antara cara-cara sebelumnya. Hal ini disebabkan karena apa yang Anda butuhkan sudah ada sejak Anda membeli perangkat tersebut.

Perlu dicatat bahwa tidak semua merk dan varian ponsel memiliki fitur ini, jadi silahkan dicoba masing-masing, ya! Berikut panduannya:

  1. Buka perangkat Anda dan tarik ke bawah untuk memunculkan pop-up yang berisi beberapa shortcut yang tersedia di perangkat Anda.
  2. Cari fitur “Pindai Kode QR” atau semacamnya pada pop-up tersebut.
  3. Klik fitur tersebut dan kamera akan terbuka secara otomatis seperti biasanya.
  4. Arahkan kamera Anda ke QR Code yang hendak dipindai, dan tunggu sebentar.
  5. Selesai, informasi yang disimpan oleh QR Code tersebut akan dapat diakses oleh Anda.

Ainee Permudah Proses Transaksi Anda

Malas untuk antri berlama-lama hanya untuk melakukan transaksi di restoran? Sekarang Anda bisa bebas dari hal tersebut dengan Ainee, loh! Ayo, cobain pakai Ainee dengan layanan scan, order, dan pay!

Jadi, Anda bisa scan menu makanan secara online, langsung pesan, dan bayar via Ainee hanya dalam satu genggaman. Yuk, daftar gratis sekarang, dijamin keluar masuk restoran gak pake lama!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application