Retention Adalah Strategi Mempertahankan Pembeli, Maksudnya?

Tidak jarang banyak orang yang memilih mode bisnis retail saat pertama kali memulai usaha. Namun, jangan lupa untuk mengetahui apa itu retention? Alasannya, karena retention adalah bagian dari strategi meningkatkan penjualan yang bisa Anda terapkan untuk mempertahankan customer.

Menarik, bukan? Yuk, cari tahu mengetahui apa itu customer retention di sini! Ada informasi mengenai retensi juga, lho!

Apa Arti dari Retention?

Sebelum mengetahui customer retention, pastikan Anda mengetahui apa arti dari retention. Retention artinya dalam bahasa Inggris adalah sebuah ingatan.  Sehingga, bisa dibilang retention artinya adalah serangkaian kegiatan atau inisiatif yang dilakukan sebuah perusahaan atau pemilik brand untuk membuat pelanggannya terus mengingat produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Oleh karena itu, sebuah program retention dapat membantu meningkatkan nilai pelanggan dan mendorong pelanggan untuk terus berbisnis dengan sebuah perusahaan. Jadi, dengan mengetahui arti retention, setiap pemilik usaha atau brand untuk bisa mendapatkan repeat order dari pelanggan setianya.

Apa yang Dimaksud dengan Customer Retention?

Retensi adalah sebuah langkah penting dalam mempertahankan pelanggan. Tapi, apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan customer retention? Customer  retention adalah berbagai macam tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau pemilik brand dalam mempertahankan customer. Tujuannya agar customer tetap menggunakan semua produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Namun, banyak bisnis yang lebih mementingkan driving sales, sementara customer loyalty menjadi prioritas terakhir. Padahal, sebanyak 25%-40% dari total pendapatan bisnis yang sudah stabil didapat dari returning customer. Repeat customer dapat melipatgandakan pendapatan hingga 3-7 kali lebih banyak daripada one-time buyer.

Faktanya, mendapatkan customer baru memang penting, namun lebih sangat penting lagi untuk mempertahankan customer lama yang sudah menjadi pelanggan. Terlebih semakin tinggi customer retention Anda, maka semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan oleh sebuah bisnis atau pemilik brand.

Keuntungan Customer Retention

Saat ini banyak perusahaan atau pemilik brand yang menghabiskan waktu dan biaya yang mereka miliki hanya untuk mendapatkan customer baru. Alasannya, karena hal tersebut bisa dianggap sebagai cara mudah untuk meningkatkan hasil dari kegiatan operasional bisnis. Padahal dengan mempertahankan customer lama hanya membutuhkan waktu yang lebih cepat serta efektif. 

Berikut keuntungan dari customer retention yang perlu Anda ketahui.

Up-Sell dan Cross-Sell

Berinteraksi dengan pelanggan lama dapat membantu perusahaan melakukan kesempatan dalam strategi up-selling dan cross-selling. Terlebih up-selling adalah strategi dengan menawarkan produk yang berbeda dengan produk yang dibeli. Sedangkan, cross-selling adalah strategi penjualan untuk menawarkan uang lebih besar serta meningkatkan customer retention.

Word of Mouth

Memang mempertahankan pelanggan lama membutuhkan usaha yang lebih, namun jika pelanggan sudah sangat puas dengan produk atau jasa yang diberikan, maka mereka tidak akan segan-segan untuk membantu mempromosikan kepada kerabat, keluarga, dan teman mereka. Terlebih kekuatan dari word of mouth terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Membangun Advokasi

Biasanya pelanggan yang puas terhadap sebuah produk atau jasa sering melakukan promosi secara sepenuh hati membagikan pengalaman bahagianya lewat media sosial. Terlebih saat ini penyebaran media online sangat cepat. Apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh para influencer, maka hasilnya juga akan lebih fantastis lagi.

Meningkatkan Profit Secara Efektif

Berbicara soal profit tentu adalah hal yang menyenangkan. Menggunakan customer retention ternyata dapat meningkatkan profit secara efektif. Alasannya, Anda tidak hanya menghemat budget marketing, seperti membuat iklan. Namun, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari pembeli yang telah membeli banyak produk. Sehingga, retention profit adalah bagian dari mengaplikasikan keuntungan customer retention.

Mengapa Menerapkan Customer Retention?

Banyak yang bertanya mengapa sangat penting untuk menerapkan customer retention dalam sebuah bisnis? Terlebih retention rate adalah hal yang sangat mempengaruhi kesetiaan pelanggan. 

Berdasarkan hasil studi dan data yang dicantumkan di dalam Harvard Business Review, meningkatkan customer retention rate sebesar 5% bisa meningkatkan profit sebanyak 25% hingga 95%.

Sehingga, customer retention artinya hanya membutuhkan biaya marketing yang lebih sedikit jika dibanding dengan strategi acquisition. Selain itu, customer yang berhasil dipertahankan pasti membantu merekomendasikan produk Anda kepada orang-orang. Artinya, customer retention dapat mengatasi risk retention. Terlebih risk retention adalah hal yang merugikan pengusaha atau pemilik brand.

Kemudian, tujuan utama dari customer retention adalah untuk meningkatkan keuntungan. Namun, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari customer retention, seperti up-sell dan cross-sell, word of mouth, membangun advokasi, meningkatkan profit secara efektif. Sehingga, bisa dibilang retention merupakan bentuk investasi yang melibatkan pelanggan.

Formula Rasio Customer Retention

Saat sebuah perusahaan atau pemilik brand ingin menghitung retention rate, maka perusahaan menghitung jumlah customer yang ada padi akhir kurun waktu, dibandingkan dengan jumlah customer di awal waktu tersebut. Sehingga, employee retention adalah cara yang tepat untuk melakukan perhitungan menggunakan formula rasio.

Kemudian perusahaan atau pemilik brand mulai membuat kalkulasi customer retention rate, maka perusahaan tidak perlu menghitung jumlah customer baru yang didapatkan dalam satu kurun waktu tersebut. Berikut formula untuk menghitung tingkat customer retention:

Retention rate=(E-N/S) x 100 

Keterangan: 

E = jumlah customer di akhir kurun waktu

N = jumlah customer baru yang didapatkan selama kurun waktu tersebut

S = jumlah customer di awal kurun waktu 

Membangun Customer Relationship yang Kuat

Membangun channeling and retention adalah hal yang wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan atau pemilik brand. Tapi, apakah Anda mengetahui bagaimana cara membangun customer relationship yang kuat? Berikut strategi untuk membangun customer relationship yang kuat.

Mendata Customer yang Tidak Aktif

Cara mudah untuk mengembangkan sebuah bisnis adalah dengan cara mempertahankan customer lama. Anda bisa memulainya dengan cara mendata customer yang aktif dan tidak aktif. Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki customer relationship dengan mereka.

Membawa Kembali Customer yang Telah Pergi

Jika melakukan pendekatan yang tepat dengan customer lama biasanya bisa dilakukan dengan mudah. Hal tersebut adalah cara tercepat dan mudah untuk meningkatkan penjualan. Alasannya, karena customer tersebut sudah pernah menggunakan produk dan layanan Anda sebelumnya. 

Memberikan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayan yang terbaik untuk pelanggan bisa dibilang sebagai cara mempertahankan customer. Namun, juga bisa mendatangkan customer baru juga, lho. Alasannya, karena customer lama secara senang hati bisa bercerita mengenai brand Anda yang produknya sudah terjamin dari segi kualitas dan layanan yang memuaskan.

Singkatnya, secara tidak langsung mereka akan merekomendasikan produk atau jasa dari sebuah perusahaan atau brand. Istilah ini juga sudah dijelaskan bahwa pelanggan lama yang merekomendasikan sebuah produk atau jasa dari sebuah brand disebut sebagai brand advocate.

Pelanggan Semakin Setia dengan Bisnis Anda Bersama Ainee

Siapa yang tidak ingin membuat pelanggan setia dengan sebuah bisnis? Tentu hal tersebut adalah hal yang diimpikan oleh banyak pegiat bisnis, bukan? Nah, sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir soal mempertahankan pelanggan setia. Alasannya, karena Ainee memiliki manfaat untuk mempertahankan mereka.

Melalui Ainee, Anda akan merasakan manfaat, seperti mengolah dan menyediakan sistem manajemen pelanggan (CRM) hingga sistem loyalty untuk pelanggan. Jadi, tidak perlu  ragu lagi, deh! Yuk, segera daftarkan bisnis Anda dengan Ainee!

Our Address
ONE WOLTER PLACE 4th floor,
Jl. Wolter Monginsidi No.63B, RT.1/RW.1, Rawa Barat., Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Contact Us
Email : ainee@ginee.com
Phone Number : 081324919117
Download Application